Sabtu, 03 Mei 2008

NYSTAGMUS

Nystagmus adalah goncangan berirama yang tanpa disengaja di mata seseorang. Nystagmus istilah berasal dari kata Yunani yaitu "nmstagmos", yang artinya kurang lebih untuk menerangkan tentang "gerak kepala seseorang yang goyah seperti yang mabuk atau yang mengantuk. Nystagmus digambarkan sebagai "goyangan mata" atau "hentakan mata". Para Dokter dan peneliti-peneliti menggolongkan Nystagmus berdasarkan karakteristik-karakteristik dari gerak mata seperti jika gerakan mata seseorang mundur dan maju seperti suatu bandul atau apakah seeorang itu bergerak pelan-pelan dalam satu arah lalu dengan cepat berubah dalam matanya, yang lainnya bisa berupa pergerakan mata secara menyamping atau dengan tegak lurus. Nystagmus juga dikatagorikan berdasarkan seberapa cepat pergerakannya atau seberapa banyak getaran mata.

Ada berbagai metoda-metoda penggolongan tentang Nystagmus. Secara kebiasaan atau secara tradisional Nystagmus dapat dibagi menjadi dua kelompok. Nystagmus berhubungan dengan perasaan, ini berkaitan dengan kelemahan pengliha dan Nystagmus motor dihubungkan dengan kendali dari fungsi otot. Ada sekitar 45 jenis Nystagmus. Untuk menyederhanakan penjelasan kita bagi saja Nystagmus ini menjadi 2 bagian besar. Pertama adalah Nystagmus bawaan sejak kecil dan berkaitan dengan lemahnya penglihatan. yang kedua adalah seseorang yang terserang Nystagmus karena sesuatu (tidak dari kecil)

Nystagmus dari Di Waktu Muda
Nystagmus sering kali menyebabkan lemahnya daya penglihatan, ini terjadi sejak lahir. Studi-studi menyarankan 1 di dalam setiap 1000 anak-anak mempunyai Nystagmus. 80-90% dari kasus-kasus ini menimbulkan efek samping lemahnya daya penglihatan. Nystagmus jenis ini biasanya mengamati di sekitar yang keenam kepada minggu yang kedelapan tentang hidup dan jarang dilihat di hadapan lalu. Di awal-awal timbulnya Nystagmus, biasanya dokter tidak akan mendiagnosa ini sebagai kelainan pada penglihatan / mata, sampai akhirnya penemuan Nystagmus yang lebih jelas.

Nystagmus yang khas berhubungan dengan lemahnya daya penglihatan selama masa kanak-kanak. Mata berputar mondar-mandir mendatar. Pasien-pasien Nystagmus bawaan seringkali tidak menyadari gerakan yang terjadi pada penglihatan mereka, meski Nystagmus sering dihubungkan dengan lemahnya daya penglihatan yang terjadi sejak kanak-kanak namun kondisi ini dapat berubah-ubah, mulai dari tekanannya, status atau arah geraknya. Tidak jarang juga Nystagmus dapat berkurang seiring dengan pertumbuhan menuju dewasa.

Kebanyakan kasus-kasus serangan awal Nystagmus dihubungkan dengan penyakit yang berkenaan dengan penglihatan banyak yang diwariskan. Konseling mungkin dapat membantu pasien dan keluarga untuk memahami kesulitan tentang kondisi Nystagmus ini kepada anak-anak mereka. Tidak semua Nystagmus juga diwariskan.


Timbul Nystagmus Kemudian
Sementara Nystagmus yang terjadi sejak lahir akan mengakibatkan lemahnya daya penglihatan, Nystagmus yang ini membuat hilangnya daya penglihatan di masa mendatang (bukan sejak kanak-kanak). Orang yang terserang penyakit ini tidak akan menunjukan gejala Nystagmus pada masa kanak-kanak namun akan terus mengalami kemunduran dalam daya penglihatanya seiring dengan bertambahnya usia.

Nystagmus dapat diketahui kemudian seiring berjalannya waktu. Gejala ini dikarenakan kelainan fungsi tubuh bisa karena luka, kecelakaan, sklerosis ganda atau tumor-tumor yang terjadi di otak. Tidak seperti Nystagmus sejak kecil, pasien-pasien dengan Nystagmus yang datang di waktu kemudian biasanya mengetahui atau menyadari gerakan dalam penglihatan mereka, bergeraknya mata mereka ini disebut oscillopsia. Oscillopsia menyebabkan seseorang merasa pusing atau pening tentu sebabnya adalah gerakan yang terjadi di penglihatan mereka.
Gerakan Nystagmus jenis ini lebih directional. Mata akan bergerak pelan-pelan dalam satu arah, lalu dengan cepat menurun. Nystagmus itu bisa berubah seperti perbedaan atau perubahan arah gerakan mati.

Pengobatan dan Nystagmus
Beberapa pengobatan malah bisa menyebabkan Nystagmus. Sebagai contoh, Dilantin dan Phenobarbital, ini diberikan untuk mencegah pengeroposan, bisa menyebabkan Nystagmus. Kondisi ini bisa menyebabkan pasien mengalami oscillopsia, suatu sensasi gerakan di dalam penglihatan mereka yang menyebabkan rasa pusing.

Pergerakan di dalam [englihatan
Pasien-pasien Nystagmus sering kali mengalami pergerakan di dalam penglihatan mereka. Suatu perubahan kecepatan dapatmendorong terjadinya penurunan penglihatan,
Pasien-pasien dengan Nystagmus sering kali memiliki posisi kepala yang khas agar bisa mendapatkan penglihatan yang lebih baik, ini akan berbeda untuk setiap orang. Guru, teman-teman dan keluarga temtu harus memahami tentang kebiasaan pasien Nystagmus yang tidak biasa ini.


Keseimbangan dan Teropong
Penggunaan teropong untuk dapat membantu penglihatan Nystagmus sudah biasa dilakukan terutama yang sudah mengalaminya sejak kecil, ini dapat membantu mereka melihat lebih jelas dan terpusat. Nystagmus bisa berkurang ketika mata memusat seperti untuk membaca. Spesialis-spesialis low vision biasanya menambahkan juga prisma untukmembantu menciptakan pemusatan tiruan, cara seperti ini dapat mengurangi Nystagmus untuk beberapa pasien-pasien.
Menguji Pasien Nystagmus
Pasien-pasien dengan Nystagmus mempunyai banyak permasalahan yang khas. Untuk dapat memastikan seseorang mengalami Nystagmus harus di diagnosa oleh dokter ahli low vision atau terapis mata. Test-test sederhana seperti penajaman pandangantset ini harus dilakukan dengan langkah-langkah tertentu untuk mendapatkan hasil yang akurat

Spesialis-spesialislow vision juga menggunakan teknik-teknik test khusus dalam membuat resep kaca mata dan mencegah dari ketidaktepatan pengujian karena adanya Nystagmus yang tersembunyi. Tekanan mental pasien juga sangat berpengaruh pada hasil test sehingga untuk hasil terbaik maka specialists low vision berusaha serileks mungkin.

Nystagmus dan Kaca mata
Pasien-pasien dengan Nystagmus sering mempunyai permasalahan penglihatan lain seperti kerusakan pada mata sehingga mereka membutuhkan kacamata dengan ukuran tertentu, bisa juga ditambah prisma pemfokus pada kaca mata mereka agar dapat lebih jelas dalam melihat dalam posisi yang lebih normal seperti orang kebanyakan dan keca mata seorang Nystagmus tidak dapat digunakan oleh orang biasa karena perbedaan ukuran dan karakteristik kaca mata Namun bagaimanapun kaca mata tidak akan menyembuhkan Nystagmus.

Lensa Nystagmus dan lensa kontak
Lensa kontak sudah ada yang dikeluarkan untuk membantu beberapa pasien Nystagmus. Teorinya adalah dengan menggunakan lensa kontak pasien akan mendapatkan pemfokusan yang lebih baik sehingga membantu dalam penglihatan, namun beberapa dokter spesialis low vision juga tidak menyarankan untuk menggunakan lensa kontak mengingat efek yang dihasilkan tidak sebanding dengan resiko pemasangan lensa kontak itu sendiri

Perawatan dengan operasi dan medis
Beberapa prosedur yang berhubungan dengan operasi medis telah dikembangkan untuk mengurangi gerakan mata yang terjadi. Botox, botulinum toksin, digunakan untuk paralyze otot-otot yang berkenaan dengan penglihatan sehingga diharapkan dapat mengurangi Nystagmus. Ini bukan jalan yang praktis mengingat sangat repot dan panjang, selain itu juga pengaruhnya tidak lama hanya 3 – 4 bulan saja selanjutnya harus dilakukan penyuntikan secara rutin ke otot-otot yang berkaitan dengan penglihatan.

Isu-isu Sosial
Pasien dengan Nisatagmus tidak hanya mengalami masalah dalam lemahnya daya penglihatan namun juga pada penampilan sehari-hari dan gerakan mata yang menggangu atau bahkan dengan posisi kepala yang tidak lazim agar mereka mendapatkan pandangan yang lebih baik. Ini bukanlah hal yang mudah untuk diterima baik oleh pasien sendiri maupun orang-orang di sekitar pasien. Ini akan menjadi cobaan dan tantangan yang sangat besar bagi pasien sehingga membutuhkan dorongan semangat dari semua orang yang ada disekitarnya.

Isu-isu sekolah
Guru seorang anak dengan Nystagmus perlu memahami bagaimana caranya membantu seorang anak dengan Nystagmus ini tentu berkaitan dengan lemahnya daya penglihatan mereka. Kebiasaan yang spesifik tentang bagaimana pasien Nystagmus melihat dengan posisi terbaik menurutnya juga harus dapat dipahami baik guu maupun teman-temannya. Salah satu yang mungkin dapat membantuadalah dengan membiarkan para penderita Nystagmus untuk duduk di barisan depan kelas, selain itu catatan-catatan atau buku bertulisan besar juga amat diperlukan. Penderita Nystagmus lebih baik memiliki catatan tersendiri yang dapat dibacanya.

Kesimpulan
Nystagmus, satu goncangan atau penghentakan yang terjadi tanpa disengaja pada mata. Ini sangat berkenaan dengan penglihatan yang sangat kompleks. Nystagmus dapat terjadi di sejak anak-anak atau dapat terserang di usia yang lebih dewasa. Pasien-pasien dengan Nystagmus sering kali mempunyai satu posisi kepala yang tidak biasa, posisi di mana penglihatan mereka menjadi lebih baik. Spesialis-spesialis low vision atau spesialis-spesialis Nystagmus lain bias membantu dalam treatment atau terapi dan memberikan dorongan emosional untuk tetap bertahan hidup dengan atau tanpa alat Bantu penglihatan.

http://www.lowvision.org/

Disclaimer
Artikel ini hanya sebagai informasi tentang Nystagmus yang di adopsi/adaptasi dan diterjemahkan bebas dari situs http://www.lowvision.org/. Saya tidak menyarankan Artikel ini sebagai rujukan utama karena mungin saja informasi yang ada dalam artikel ini tidak sepenuhnya benar, terdapat kesalahan-kesalahan dalam penafsiran maksud (dalam bahasa Inggris ke Indonesia). Penulis tidak bertanggungjawab atas penyalah gunaan artikel ini untuk keperluan yang tidak bertanggungjawab. Untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat silahkan kunjungi http://www.lowvision.org/

www.obbye.blogspot.com

Tidak ada komentar: